Minggu, 05 April 2009

trik-trik pencopet di kereta ekonomi




Kalo kalian pada naek kreta ekonomi, kalian harus berhati2 karena udah banyak terjadi kasus pencopetan di kereta ekonomi. Sekalipun kereta itu ga padat, tapi pencopetan masi bisa terjadi. Gw adalah orang yang bisa dikatakan sering naik kereta ekonomi. Seumur hidup gw sih gw udah pernah ngeliat 2 kali percobaan pencopetan di atas kereta ekonomi Jakarta kota-bogor. Begini trik si pencopet yang gw liat.





1. Pertama2, ada ibu2 pake kalung emas lagi berdiri deket pintu keluar kereta.

2. si copet biasanya berdiri deket korban atau lagi duduk memperhatikan korbannya.

3. Begitu kereta mulai berjalan perlahan menuju kecepatan maksimum, si copet narik kalung ibu2 itu dengan paksa

4. lalu dia loncat keluar kereta yang masih jalan itu. Terus guling2an di rel.







Gw ga taut uh nasib si copet, apa ga besot2 ya loncat dari kereta yang lagi jalan? Emang sih keretanya belom terlalu cepet, tapi kan tetep aja mantap bgt loncat keluar, guling2an di rel kereta yang banyak kerikilnya. Dan untungnya kalung si ibu2 itu ga kejambret soalnya susah diputusinnya.

Nah saran gw buat lw
yang mau naik kereta ekonomi adalah:

1. hindari berdiri/duduk deket pintu.

2. taro tas di depan, dan masukin Hp dan dompet lw dalem tas.

3. resleting tas anda seperti kondisi di atas, karena itu akan menyulitkan pencopet untuk ngebuka resleting tas anda dari samping ketika kereta lagi sesak2nya.

4. masukin Hp dan Dompet lw dari awal ketika kereta udah dateng.



Karena banyak kasus dimana mereka kecopetan ketika mau masuk kereta. Kan kalo mau masuk kereta berebutan dan berdesak2an sama yang mau keluar kereta tuh, naah momentum seperti itu digunakan oleh pencopet buat ngambil dompet/Hp lw. 5. keluarlah kereta tetap dalam kondisi tas didepan, terus minggir dulu untuk ngambil hp/dompet lw yang ada di dalem tas, terus baru masukin saku. Soalnya, kondisi lw pas keluar kereta itu juga biasanya dimamfaatkan pencopet.

Misalnya, lw naik kereta dari bogor dan turun di cawang. Banyak orang yang mau turun dicawang, sehingga jalan menuju tepat keluar stasiun pun jadi padat. Nah si copet berjalan di belakang lw, dan ngacak2 isi tas lw ketika saat itu tas lw udah lw balikin lagi ke belakang punggung. Terkadang, si pencopet menyuruh temannya berjalan di depan lw, dan temannya itu pura2 berhenti untuk membetulkan tali sepatu, atau mungut barang yang jatuh. Nah pas lw juga ikutan berenti, si copet dg lihainya mengambil Hp lw dari tas.

Gimana dengan lw? Punya pengalaman dicopet juga? Bagi2 ya ceritanya supaya kita bisa saling waspada


Tidak ada komentar: