Minggu, 17 Mei 2009

bangkai kapal viking ditemukan di swiss !


Stockholm, 9 mei : para arkeologis lautan di swedia telah menemukan bangkai kapal di dasar danau terbesar di Negara tersebut. Bangkai kapal ini dipercaya oleh para arkeologis tersebut sebagai kapal Viking.

Bedasarkan laporan berita lokal swedia di inggris, tim penyelam yang beranggotakan 50 orang itu menemukan bangkai kapal sepanjang 20 meter pada 6 mei. ”sebelumnya, ga pernah ditemukan bangkai kapal viking di perairan swedia,” kata arkeologis lautan Roland Peterson dari Vanern Museum.

Beberapa perahu viking memang pernah ditemukan di swedia sebelumnya.


Satu dari tulang kapal ditemukan menjulur dari dasar danau, sementara sebagian besar kapal terisi oleh lapisan sediment setebal 1 meter.


Sample kayu kapalditemukan dari badan kapal, juga sample besi dari pedang dan tombak, sedang di teliti dan di analisa untuk beberapa minggu. ”kita ga bisa memastikan apa – apa sampai kita dapat hasil analisanya, yang mungkin memakan waktu sekitar sebulan. Tapi, pedangnya terlihat mirip pedang Viking “ kata Peterson, yang sudah membandingkannya dengan senjata – senjata di era Viking.


Struktur ship's clinker-built juga menguatkan hipotesis kalau badan kapal tersebut berasal dari kepulauan Luro, di tengah danau vanern, ketika zaman Viking. Vanern adalah danau terbesar ke 3 di eropa, seluas 5648 Km.

Penjaga pantai swedia dan museum vanern sedang melakukan proyek kerjasama untuk menemukan dan memeriksa bangkai kapal di dasa
r danau vast.

6 bangkai kapal lainnya juga telah ditemukan dalam radius 100 meter, dimana 3 diantaranya ditemukan saling bertumpuk. ”tapi, ini terlalu cepat untuk mengatakan kalau kapal – kapal ini berasal dari era yang sama” kata peterson.

Kapal Viking memiliki kecepatan 2 – 4 knot jika tidak ada angin dan airnya tenang.

sumber : digg.com
answers.yahoo.com


komen dooong...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

riva lucu banget siiiiiih

remedial is sucks! mengatakan...

Mmm ni syp?