Sabtu, 11 April 2009

"jersey devil", benar2 adakah?

apa sih itu jersey devil? disini artinya jersey devil tuh bukan mahluk halus loh, tetapi semacam hewan aneh yang bentuknya mengerikan.


Ada banyak kemungkinan asal mula legenda jersey devil. Legenda pertama yang menyebutkannya adalah Penutur cerita rakyat Amerika suku lenni lenape menyebut daerah disekitar pine barrens sebagai “popuessing” yang artinya tempat tinggal naga. Penjelajah Swedia menyebutnya dengan nama "Drake Kill", "drake" menjadi kata Swedia untuk naga, dan "membunuh" yang berarti saluran atau lengan ke laut (sungai, streaming, dll).




Cerita asal usul jersey devil yang paling terkenal adalah diawali oleh kisah mother leeds. “ mother leeds punya 12 anak dan setelah dia melahirkan anaknya yang ke-12, dia mengatakan kalau dia melahirkan lagi, maka anaknya akan menjadi setan. Di 1735, mother leeds adalah seorang buruh ketika malam itu sedang banyak petir, diduga mother leeds mengutuk anaknya sendiri ketika dia dalam proses melahirkan anaknya yang ke 13, karena rasanya sangat sakit. Ketika lahir,anaknya normal2 aja, tapi, semakin tua, dia berubah bentuk. Dia lama2 menjadi mahluk yang memiliki hooves, berkepala kuda, sayap seperti sayap kelelawar, dan buntut yang bercabang seperti garpu.

ini ilustrasinya.





dia berteriak dan menggeram,dan membunuh si bidan sebelum pergi terbang melalui cerobong asap. versi lain mengatakan dia pergi begitu saja melalui jendela. ibu leeds di identifikasi sebagai deborah leeds, dia adalah istri dari japhet leeds.

beberapa orang skeptis percaya kalau jersey
devil tak lebih dari cerita kreatif buatan pendatang dari inggris. tak mengherankan, kalau legenda jersey devil ini berkembang juga karena cerita dari saksi mata yang memiliki reputasi yang besar. dari jaman precolonial sampai sekarang, masih dilaporkan adanya penampakan jersey devil. banyak teorist percaya kalau jersey devil itu sebenarnya adalah hewan yang sangat langka, spesies baru yang belum di identifikasi, dengan menakuti manusia untuk menghindari ancaman dari manusia. salah satu faktor pendukung teori ini adalah karena kesamaan ciri jersey devil dari berbagai laporan penampakan yang ada. yang berbeda hanya warna dan tingginya saja. faktor lain yang mendukung adalah kenyataan kalau sepertinya mahluk ini bisa bertahan sampai beberapa ratus tahun, bukan bisa hidup beratus ratus tahun sendirian saja. karena ga mungkin kan, kalau dia sendirian,bisa bereproduksi dan masih ada sekarang, soalnya harusnya udah mati,.

deskripsi fisik si jersey devil yang dilaporkan mirip dengan spesies dinosaurus jenis pterosaur, yaitu dimorphodon.


penampakan.

dilaporkan pada 1778, Commodore Stephen Decatur menginjungi Hanover Iron Works di barrens untuk mengetes jarak tembak meriam. ketika dia melihat sesosok mahluk aneh, berwarna putih pucat sedang terbang, dengan menggunakan meriamnya, dectaur menembaknya dan mahluk itu terjatuh.

.
joseph bonaparte, saudara dari napoleon bonaparte, mengatakan telah melihat jersey devil ketika berburu di Bordentown, New Jersey di sekitar tahun 1820. pada januari , sepanjang 16-23 januari ratusan orang melaporkan penampakan jersey devil… seperti inilah laporannya:

16th. Saturday – mahluk tersebut dilaporkan terbang di atas wilayah woodbury


17th Sunday – di Bristol,Pennsylvania, beberapa orang melihatnya dan menemukan jejaknya di salju pada saat itu.


18th Monday – kota Burlington terdapat banyak jejak kaki jersey devil
di

19th Tuesday-nelson evans dan istrinya di Gloucester, mengintip melalui jendelanya melihat jersey devil pada jam 2:30 AM . dia menceritakan sebagai berikut :
"It was about eight feet and a half high, with a head like a collie dog and a face like a horse. It had a long neck, wings about two feet long, and its back legs were like those of a crane, and it had horse's hooves. It walked on its back legs and held up two short front legs with paws on them. It didn't use the front legs at all while we were watching. My wife and I were scared, I tell you, but I managed to open the window and say, 'Shoo!' and it turned around, barked at me, and flew away."

penampakan berlanjut hingga hari terakhir, yaitu pada jumat, 22th , sekolah2 ditutup dan bisnis tutup karena ketakutan. hal seperti ini dimamfaatkan oleh berbagai kebun binatang. philadelphia zoo, mengumumkan siapa saja yang bisa menangkapnya akan diberi imbalan. tawaran tersebut memancing beberapa penipuan, seperti mengaku2 menangkap jersey devil, padahal hanya kangguru yang diberi sayap buatan.





bahkan beberapa kebun binatang mengaku sudah menangkapnya dengan mengedarkan brosur seperti ini:






di 1957, ditemukan mayat aneh yang sudah membusuk, mirip dengan deskripsi jersey devil. setelah itu, jersey devil dipercaya sudah mati. tapi tetap saja banyak laporan penampakan. di 1960, tentara bayaran disekitar camden, ditawari 10000 dollar jika bisa menangkap jersey devil. bahkan ditawarkan dibuatkan kebun binatang pribadi dirumahnya.







tapi sampai sekarang, uang tersebut tak ada yang mengklaimnya. ini adalah foto jersey devil yang sedang mengejar rusa, atau memang sengaja dikasih umpan rusa? gw ga tw, gw dapet foto ini di internet:








bagaimana menurut kalian??

Tidak ada komentar: